Film

Mengangkat Tema Autis, 6 Film Ini Bikin Haru Dan Membanggakan

Mengenai kesehatan seseorang mengenai mental, Cacat hingga kondisi stigma yang yang ada di kalangan sosial masih sangat jarang di angkat ke layar lebar. Jika yang bertemakan horror atau romantisme memang sudah sangat banyak sekali. Dengan mengangkat tema masalah mental seseorang, tak pelak membuat orang yang menontonnya merasakan haru dan di saat menonton tanoa terasa meneteskan air mata.

Film autis ini juge menjadi pembelajaran yang luar biasa, karena secara tidak langsung mengajarkan orang-orang yang selama ini membully menjadi berempati. Karena masih ada saja orang yang membully orang-orang yang mentalnya kurang. Apalagi salah satu yang sangat membanggakan jika Film bertema ini mendapatkan penghargaan yang dari Internasional.

Berikut ini adalah 6 Film yang mengangkat tema Autis yang membuat seseorang menjadi sangat tersentuh menontonnya.

1.Malaikat Kecil.

Image result for film malaikat kecil

Terinspirasi dari kisah nyata, Film Malaikat Kecil ingin mengangkat cerita perjuangan seorang ayah bagi keluarganya. Sosok ayah di Film ini bisa di katakan memiliki gambaran seorang yang berkebutuhan khusus di dalam sebuah keluarga. Menjadi panutan bagi keluarga meskipun tidak berkecukupan secara ekonomi, tapi hebatnya membarikan kebahagian bagi keluarganya.

Perjuangan seorang ayah yang bernama Budi yang mengajak keluarganya untuk pindah ke ibu kota untuk mengadu nasib. Budi sangat sayang kepada ke dua anaknya, tapi di karenakan kekurangan dari dirinya, membuat Budi hanya bisa berjualan ikan hias untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Terbayangkan sahabat Otanista, bagaimana perjuangan seseorang yang memiliki kekurangan di dalam kerasnya persaingan di ibu kota, apalagi ia memiliki kekurangan.

Film ini mengajarkan, walaupun terbilang sulit dengan kondisi mental yang kurang, tapi Budi tetap memberikan kehangatan dan kebahagiaan untuk keluarga.

2.Dancing In The Rain.

Image result for film dancing in the rain

Banyu merupakan sosok yang sangat gigih dalam hidupnya, walaupun seorang yang berkebutuhan khusus yang hidup di tengah masyarakat yang antipati dan bisa di bilang masih belum ada orang-orang yang sayang kepadanya. Ia sudah di telantarkan oleh kedua orang tuanya, namun ada sosok Eyang Uti yang selalu memberikan optimisme bagi Bayu sedari kecil.

Eyang Uti menyadari bahwa Bayu tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar, akan tetapi Bayu memiliki hati yang jujur dan penuh kasih sayang. Bukan hanya ada Eyang Uti, ada sosok Radin dan Kirana yang sudah bersahabat sejak mereja dari kecil hingga dewasa. Layaknya orang-orang dewasa, Radin dan Kirana pernah mengalami jatuh cinta. Tapi sayang persahabatan tersbut akhirnya hancur di karenakan proses pendewasaan.

3.My Idiot Brother.

Related image

Angel adalah gadis cantik yang tidak pernah menerima keadaan sang kakak yang bernama Hendra memiliki keterbelakangan Mental. Walaupun Angel Malu dan membencinya, Hendra tidak pernah membencinya dan tidak pernah sedih. Hendra sendiri adalah anak yang berkebutuhan khusus akibat sakit yang di deritanya sejak saat kecil.

Karena kakaknya memiliki keterbelakangan mental membuat Angel sering di ejek oleh teman-temannya. Angel selalu mendapatkan hinaan dan cacian dari temannya sendiri. Tapi semua itu di karenakan sosok Agnes yang menganggap Angel menjadi ancaman dalam mendapatkan hati pria yang bernama Aji. 

Di saat Aji mengadakan pesta, di sana sosok Angel dan Agnes bersaing menjadi sosok ratu dalam acara tersebut, hingga akhirnya Hendra datang dan mengacaukan acara tersebut. Padahal niat sang kakak sangat baik untuk mengantarkan kado yang tertinggal.

4.Malaikat Juga Tahu.

Image result for film malaikat juga tahu

Film ini mengisahkan seorang wanita yang tegar di panggil Bunda, hidup bersama kedua anaknya yang bernama abang dan adek. Abang menderita keterbelakangan mental, walaupun usianya yang sudah menginjak 38 tahun tapi jiwanya seperti anak umur empat tahun, sedangkan Adek merantau ke luar negeri.

Abang yang bersahabat dengan penghuni kost tersebut ternyata jatuh hati dengan perempuan tersebut, akan tetapi sayangnya wanita tersebut mencintai Adek yang merupakan manusia normal pada umumnya. Bunda berusaha berbicara dari hati ke hati dengan wanita tersebut, siapa yang patut di pilihnya hinga Bunda berkata yang sangat menyentuh. Hingga wanita tersebut akhirnya pergi dari kehidupan mereka dan tidak pernah kembali.

5.I Am Star.

Related image

Film ini mengisahkan tentang perjuangan anak-anak yang hidup sebagai Autisme, Film ini juga di perankan oleh anak-anak Autis. Kisah seorang ketua Osis yang bernama Mella yang sangat gaul dan populer. Tapi kehidupannya berubah totoal ketika kedatangan anak-anak autis yang bersekolah di sekolahnya. Mella mulai di hantui kenangan adiknya yang di duga autis yang meninggal dalam kecelakaan mobil.

Mella pun berubah menjadi sangat dekat kepada para remaja yang berkebutuhan khusus tersebut. Kehadiran para siswa yang memiliki kebutuhan khusus tersebut membuat canggung guru dan siswa lainnya.

Mella pun berusaha membela apa yang dianggap oleh masyarakat sebagai dunia mereka sendiri. Mereka pun berekspresi melalui musik, di mana dunia tidak pernah membedakan manusia. Melalui group band yang di namakan I'Am Star, mereka menyatakan diri mereka dengan bantuan Mella. Film ini juga mendapatkan Gold Award kategori Actres dari IIFA di Lost Angles, USA 2014.

6.Simfoni Luar Biasa.

Image result for film simfoni luar biasa

Bercerita tentang kehidupan seorang musisi dan sekelompok siswa sekolah luar biasa. Jayden merupakan musisi yang sedang tahap menjadi seorang yang terkenal dan menemui banyak sekali hambatan. Jayden akhirnya ikut bersama ke yayasan SLB yang di kepalai oleh ibunya dan bertemu dengan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Jayden membuat anak-anak berkebutuhan khusus menjadi tertarik dalam musik

Ada juga sosok dimas yang merupakan pengajar yang tidak menerima Jayden yang langsung menjadi seorang pengajar. Dimas juga berfikir tentang Jayden sebagai nepotisme keluarganya dalam yayasan tersebut.

Itulah deretan Film yang berceritakan karakter yang memiliki kebutuhan khusus, setelah melihat jalan ceritanya, setidaknya masyarakat dapat merubah pikiran dan pandangan yang berbeda dengan keberadaan mereka.

Sumber Data:brilio.net/film/6-film-indonesia-ini-mengangkat-tema-autis-kisahnya-bikin-haru-181129o.html

"Sumber:Pengalaman Pribadi"

About ada aje

0 komentar:

Posting Komentar